12 Februari 2008

Jangan Asal Minum!

Ngambil dari kompas, bagus buat pengetahuan... slamat membaca...
Kompas Cyber Media
Jakarta, 14 Desember 2007
"Thousands have lived without love, not one without water" adalah sebuah ungkapan indah dari W.H. Auden (1907-1973) yang patut kita renungkan. Memang ribuan mahluk dapat hidup tanpa cinta, tetapi tidak satu pun dapat hidup tanpa air. Demikianlah pentingnya peranan air dalam kehidupan ini. Kebutuhan akan air menempati posisi kedua terpenting, setelah oksigen yang secara gratis dapat kita nikmati setiap saat.

Setelah lelah beraktifitas seharian atau selepas berolahraga hal pertama yang biasanya kita cari adalah minuman, entah itu berupa air putih, sport drinks, energy drinks, karena pada saat itu tubuh kita kehilangan banyak cairan. Saat kita membutuhkan minuman pelepas dahaga yang enak, minuman bersoda dapat menjadi alternatif. Minuman ini tidak hanya enak rasanya, tetapi juga memberikan manfaat. Manfaatnya antara lain adalah sebagai alternatif rehidrasi tubuh. Kadar air dalam minuman bersoda terbilang tinggi, yaitu sekitar 90 persen. Kandungan air yang tinggi ini dapat memberikan asupan air untuk menggantikan cairan yang hilang selama kita beraktivitas. Dengan meminum cairan yang cukup, kita akan terhindar dari dari efek dehidrasi.

Minuman bersoda atau yang disebut juga sebagai minuman berkarbonasi, merupakan salah satu minuman ringan yang kian populer di masyarakat Indonesia. Saat ini, beragam minuman bersoda telah ditawarkan di pasaran. Keragaman dapat dilihat dari merek dagang, jenis dan bentuk kemasan, warna, rasa, serta harga jual produk. Keragaman tersebut sering membuat konsumen bingung dalam memilih mana yang terbaik. Oleh karena itu, konsumen harus jeli dalam menilai sebelum memutuskan untuk membeli.

Teliti Sebelum MembeliDalam hal memilih minuman untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ada banyak alternatif jenis minuman, masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan, baik ditinjau dari segi rasa, aroma, warna, kemasan, komposisi zat gizi, serta keberadaan senyawa-senyawa tertentu yang berkhasiat bagi tubuh. Pada kondisi inilah konsumen ditempatkan sebagai raja yang mempunyai kebebasan untuk memilih suatu produk. Agar konsumen tidak menjadi raja yang linglung dalam menghadapi berbagai rayuan produsen, maka konsumen harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang gizi dan khasiat dari suatu bahan pangan.

Sampai saat ini memang belum ada ketentuan dan aturan tentang batas konsumsi minuman bersoda. Aturan sulit dibuat karena hal itu berkaitan erat dengan pola makan dan gaya hidup seseorang. Percuma saja kita menghindari minuman bersoda karena alasan kandungan gulanya, jika kita tetap mengonsumsi makanan atau minuman lainnya yang manis atau memiliki kadar karbohidrat tinggi. Demikian juga, tidak beralasan menghindari minuman bersoda karena alasan kafein, jika masih mengonsumsi teh, kopi ataupun coklat.

Pilihlah jenis minuman bersoda yang telah dikenal memiliki reputasi baik, terutama dari aspek keamanannya. Keamanan suatu produk (food safety) terutama ditentukan oleh: (1) aspek kimia, termasuk jenis dan dosis bahan tambahan pangan yang digunakan, (2) aspek mikrobiologi, yaitu terbebas dari mikroba pembusuk dan penyebab penyakit, (3) aspek fisik, yaitu terbebas dari kontaminasi benda-benda asing. Keamanan pangan tersebut sangat terkait dengan sanitasi dan higiene peralatan, ruang produksi, dan tentu para pekerjanya. Industri-industri dengan reputasi internasional, biasanya telah memperhatikan semua aspek keamanan tersebut, yang dimulai dari pemilihan bahan baku, proses pengolahan, hingga penyimpanan dan distribusinya. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam memilih produk dari industri yang belum dikenal reputasinya, apalagi dari industri skala kecil atau rumah tangga. Pilihlah minuman bersoda yang kemasannya masih baik, karena lubang sekecil apapun akan menyebabkan hilangnya gas karbondioksida, sehingga rasa dan sensasi minuman menjadi berubah.

2 komentar:

Zulfadlillah mengatakan...

bener juga tuh...jangan banyak minum...apalagi minum-minuman keras......hihihi

Unknown mengatakan...

Permisi mbak, saya lihat mbak lolos mahasiswa transfer dulu. Kalau boleh, tolong mbak kirim persyaratannya ke email saya.
terima kasih mbak.

marthin8795@gmail.com